Ladbrokes Pertama yang Melanggar Aturan Pemasaran ASA

Ladbrokes twitter

Anda mungkin atau mungkin tidak tahu, tetapi sejak 1 Oktober 2022 telah melanggar aturan Badan Standar Periklanan (ASA) untuk pemasaran perjudian untuk menyertakan individu terkenal yang mungkin menarik bagi anak di bawah umur.

Tidak ada daftar yang ditetapkan tentang siapa yang termasuk dan tidak termasuk dalam aturan ini, tetapi dapat dipahami bahwa pesepakbola profesional termasuk di antara mereka – terutama mereka yang berada di Liga Premier dan mereka yang bermain untuk negara mereka.

Yah Ladbrokes secara resmi adalah operator pertama yang melanggar aturan ini, karena tepat sebelum Natal, mereka diperintahkan untuk menghapus serangkaian tweet di akun Twitter mereka yang menampilkan beberapa nama besar bintang sepak bola.

Tweet tersebut tidak berisi iklan atau penawaran promosi, jadi apakah ini kasus di mana tim Ladbrokes mengira mereka beroperasi sesuai aturan, atau apakah itu sengaja menguji batasan?

Apa yang Salah dengan Tweet Ladbrokes?

Ladbrokes twitter

Dalam apa yang dijelaskan oleh bandar populer itu hanyalah keterlibatan merek, dan bukan ajakan untuk bertindak dalam bentuk apa pun, mereka men-tweet video yang menampilkan klip Philippe Coutinho, Jesse Lingard, dan Kalidou Koulibaly.

Captionnya berbunyi:

“Bisakah pemain besar musim panas ini menghilangkan tanda tanya atas penampilan mereka?”

Tweet itu dipromosikan, yang berarti Ladbrokes membayarnya agar dilihat oleh lebih banyak orang.

Namun yang penting, saat mempromosikan tweet, akun dapat mengatur parameter kepada siapa tweet tersebut dipromosikan.

Mereka dapat memilih demografis seperti usia, jenis kelamin, minat, dll.

Ladbrokes mematuhi aturan di sini, mengatakan bahwa mereka “dengan hati-hati memasukkan” panduan baru dan bahkan melampaui apa yang diperlukan dengan hanya menargetkan akun yang dijalankan oleh pengguna yang terdaftar berusia 25 tahun ke atas.

Ketika ditentang oleh ASA Laddies menjelaskan hal di atas, serta fakta bahwa akun mereka sendiri memiliki batasan usia dan hanya dapat dilihat oleh pengguna yang berusia 18 tahun atau lebih – mereka bahkan memberikan data dari Twitter sendiri yang menunjukkan 0% dari 50.666 tayangan (tampilan) tweet berasal dari siapa pun yang berusia di bawah 20 tahun.

Terlepas dari itu, ASA mendukung keputusan mereka dan Ladbrokes ditegur dan dipaksa untuk menghapus tweet tersebut. Namun, tidak disebutkan tentang penalti finansial apa pun.

Pendapat saya

Tanda Tanya Pemecahan Masalah PemikiranASA tidak diragukan lagi ingin membuat kesan pertama yang kuat dengan aturan baru ini, jadi mungkin ada elemen ‘memberikan contoh’ dalam kasus ini, tetapi tampaknya Ladbrokes menganggap aturan tersebut sesuai dengan pedoman di sini.

Itu bukan iklan, tidak ada promosi atau ajakan bertindak, dan tweet itu dilindungi dari siapa pun yang berusia di bawah 18 tahun di feed mereka, dan siapa pun yang berusia di bawah 25 tahun saat dipromosikan. Mereka hampir tidak memamerkan aturan.

Area abu-abu berpotensi menjadi apa yang dianggap sebagai keterlibatan pemasaran vs merek, tetapi jika ini masalahnya maka ASA akan lebih baik mengeluarkan larangan selimut yang sangat jelas pada hubungan apa pun antara merek perjudian dan profesional olahraga. Pendekatan one leg in one leg out ini sangat sulit untuk dipatuhi oleh operator perjudian karena mereka tidak pernah bisa 100% yakin di mana garisnya.

Salah satu argumen yang menentang Ladbrokes adalah bahwa banyak pengguna Twitter berbohong tentang usia mereka saat mendaftar karena tidak ada proses verifikasi untuk menggunakan platform tersebut, dengan ASA mengatakan:

“Karena Twitter adalah lingkungan media tempat pengguna memverifikasi sendiri saat mendaftar pelanggan, dan tidak menggunakan verifikasi usia yang kuat, kami menganggap bahwa Ladbrokes tidak mengecualikan anak di bawah 18 tahun dari audiens dengan tingkat akurasi tertinggi yang diperlukan untuk iklan. konten yang cenderung sangat menarik bagi anak di bawah 18 tahun,”

Ini mungkin masalahnya, tapi itu bukan kesalahan Ladbroke, itu adalah Twitter – dan Ladbrokes bahkan menaikkan parameter usia mereka menjadi 25 pada tweet yang dipromosikan untuk memungkinkannya. Dan itu bukan iklan…

Secara pribadi, saya yakin ini sangat berat dari ASA. Namun demikian, saya juga berpikir bahwa, apa pun aturannya, itu harus diikuti oleh perusahaan perjudian, tetapi aturan itu harus jelas sejak awal atau situasi ini akan terus muncul.

Posting Ladbrokes First to Break ASA Marketing Rules muncul pertama kali di NewBettingSites.co.

Author: Roy Edwards